Menghilangkan Bau Mulut Yang Mengganggu


Halitosis atau bau mulut adalah bau tidak enak yang dihembuskan dari rongga mulut waktu bernafas. pemicu bau mulut bisa datang dari didalam mulut ( intra oral ) atau dari luar mulut ( ekstra oral ). Umumnya sumber bau mulut datang dari didalam mulut itu sendiri. Contohnya, kebersihan mulut yang jelek, penyakit pada gusi, mulut yang kering, gigi palsu yang tidak dibersihkan, dan lain-lain. oleh dikarenakan itu, melindungi kesehatan rongga mulut adalah syarat utama mempunyai nafas yang fresh. di bawah ini yaitu sebagian strategi menghilangkan bau mulut:

1. Menyikat gigi, lidah, serta langit-langit
Waktu menyikat gigi, janganlah lupa kita butuh menyikat lidah serta langit-langit juga. bakteri pemicu bau mulut senang berkembang biak pada permukaan lidah yang kering serta tidak dibersihkan, dan bisa melekat pada langit-langit mulut.


2. Banyak minum air putih
Mulut yang kering mengakibatkan bau tidak enak. cara menanganinya yaitu dengan perbanyak minum air putih, yakni dua liter 1 hari.



3. Berkumur dengan larutan penyegar ( mouthwash )
Cara instan yang bisa kita pakai untuk dapatkan nafas fresh yaitu berkumur dengan larutan penyegar ( mouthwash ). tetapi, mouthwash baiknya tidak dipakai terus-terusan tiap-tiap hari, karena bisa mengganggu flora normal didalam rongga mulut.


4. Berhenti merokok
di antara dampak jelek rokok yaitu bau mulut. berhenti merokok saat ini juga supaya nafas anda fresh kembali.


5. Jauhi makanan yang berbau tajam

kita ketahui makanan berbau tajam layaknya petai, jengkol, serta durian bisa mengakibatkan bau mulut. disamping itu, bawang-bawangan, serta makanan yang tinggi kandungan lemak juga bisa menyebabkan nafas yang tidak enak. oleh dikarenakan itu, anda butuh sesekali menghindarinya saat pingin tampak anda maksimal dengan nafas fresh.


6. Bersihkan gigi palsu dengan rutin
bila anda menggunakan gigi palsu, maka bersihkanlah gigi palsu anda dengan teratur saat anda menyikat gigi. bila jarang dibersihkan, maka gigi palsu dapat jadi area yang baik untuk jamur serta bakteri berkembang.


Bila anda sudah lakukan beberapa kiat menghilangkan bau mulut ini tetapi terus mempunyai bau mulut, baiknya kunjungi segera dokter gigi anda. Bau mulut tersebut barangkali saja datang dari sumber-sumber yang tidak bisa anda tangani sendiri. contohnya, karang gigi, gigi berlubang, ataupun penyakit didalam tubuh yang tidak anda kenali.

selamat coba tips menghilangkan bau mulut :)

sumber : kompasiana.com

0 komentar:

Posting Komentar