Rahasia Sehat ala Orang China


Bangsa cina terkenal dengan keahlian mereka meramu obat-obat herbal sebagai bahan penghancur virus dan bakteri yang menyerang tubuh manusia. Kabar keahlian mereka ini tersebar diseluruh dunia, sehingga tidak heran hamper diseluruh Negara di planet bumi mengenal pengobatan ala masyarakat cina. Selain herbal, berbagai terapi pengobatan tradisional juga tersohor ke seluruh penjuru mata angin. Sebut saja refleksi dan akupuntur, dua terapi pengobatan yang telah di praktekkan oleh jutaan orang termasuk para dokter di Negara-negara barat. Seringkali kita bertanya factor apakah yang membuat bangsa ini memiliki keahlian seperti ini secara turun temurun dari jaman dahulu kala?

Salah satu rahasia dibalik keahlian mereka adalah filosofi hidup mereka tentang hidup sehat. Pekan lalu ketika “laoze” alias guru bahasa mandarin saya bercerita tentang salah satu peribahasa Cina yaitu :

“Zao Shui Zao Qi Shenti Hao”

Apaan tuuuuuh?? Mari kita terjemahkan satu persatu :
Zao (nada ketiga) : berarti awal atau dalam bahasa inggris disebut early
Shui (n ada ketiga) : berarti tidur atau istirahat
Qi (nada ketiga) : berarti bangun
Shenti (nada pertama) : berarti tubuh
Hao (nada ketiga) : Berarti baik atau sehat


Jadi apabila digabung, kurang lebih artinya sebagai berikut :

“Istirahat lebih awal, bangun lebih awal, badan jadi sehat”

Masih menurut sang guru, orang cina percaya bahwa dengan beristirahat lebih awal dan bangun lebih awal akan terjadi keseimbangan sehingga tubuh menjadi lebih bugar setiap harinya.


Secara logis, peribahasa tersebut ada benarnya, dengan beristirahat lebih awal maka tubuh akan memiliki waktu lebih banyak untuk memulihkan kondisinya setelah kerja keras sepanjang pagi sampai malam. Dari berbagai referensi yang pernah saya baca, seseorang yang sering begadang atau tidur larut malam maka organ tubuhnya akan bekerja keras sehingga memicu berbagai penyakit. Sedangkan dengan bangun lebih awal, tubuh kita mendapatkan asupan udara segar yang banyak tersedia di pagi hari.

Di Indonesia, kita pun memiliki kata mutiara “Jangan sampai rejekimu dipatok ayam” yang berarti kita di motivasi untuk selalu bangun lebih awal sehingga rejeki tidak hilang. Kesehatan adalah salah satu rejeki yang penting dalam hidup ini, seseorang yang kaya raya tetapi tidak sehat tentu saja tidak berarti seluruh kekayaannya

Oleh karena itu kompasianer, hobi menulis boleh tetapi jangan sampe begadang hanya demi mengejar kursi headline. Pesan ini terutama saya tujukan kepada diri saya sendiri..hehe

Salam Hangat dari Shanghai!

Sumber : kompasiana.com

0 komentar:

Poskan Komentar